Sistem Operasi

bahasa pemrograman

Published Maret 7, 2012 by onitadesmiyarti

Bahasa pemrograman atau sering diistilahkan sebagai bahasa komputer, adalah teknik komando/instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman merupakan himpunan atau kumpulan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer.

Menurut tingkat kedekatannya dengan mesin komputer, bahasa pemrograman terdiri dari:

  1. Bahasa Mesin, yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode bahasa biner, contohnya 01100101100110
  2. Bahasa Tingkat Rendah, atau dikenal dengan istilah bahasa rakitan (bah.Inggris Assembly), yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode-kode singkat (kode mnemonic), contohnya MOV, SUB, CMP, JMP, JGE, JL, LOOP, dsb.
  3. Bahasa Tingkat Menengah, yaitu bahasa komputer yang memakai campuran instruksi dalam kata-kata bahasa manusia (lihat contoh Bahasa Tingkat Tinggi di bawah) dan instruksi yang bersifat simbolik, contohnya {, }, ?, <<, >>, &&, ||, dsb.
  4. Bahasa Tingkat Tinggi, yaitu bahasa komputer yang memakai instruksi berasal dari unsur kata-kata bahasa manusia, contohnya begin, end, if, for, while, and, or, dsb.

Sebagian besar bahasa pemrograman digolongkan sebagai Bahasa Tingkat Tinggi, hanya bahasa C yang digolongkan sebagai Bahasa Tingkat Menengah dan Assembly yang merupakan Bahasa Tingkat Rendah.

Berikut ini ada beberapa macam bahasa pemrograman yang perlu anda ketahui:

1. Bahasa Pemrograman HTML
HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML berupa kode-kode tag yang menginstruksikan browser untuk menghasilkan tampilan sesuai dengan yang diinginkan. Sebuah file yang merupakan file HTML dapat dibuka dengan menggunakan browser web seperti Mozilla Firefox atau Microsoft Internet Explorer.

2. Bahasa Pemrograman PHP
PHP adalah bahasa pemrograman script yang paling banyak dipakai saat ini. PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama FI (Form Interpreted), yang wujudnya berupa sekumpulan script yang digunakan untuk mengolah data form dari web. PHP banyak dipakai untuk membuat situs web yang dinamis, walaupun tidak tertutup kemungkinan digunakan untuk pemakaian lain. PHP biasanya berjalan pada sistem operasi linux (PHP juga bisa dijalankan dengan hosting windows).

3. Bahasa Pemrograman ASP
ASP adalah singkatan dari Active Server Pages yang merupakan salah satu bahasa pemograman web untuk menciptakan halaman web yang dinamis. ASP merupakan salah satu produk teknologi yang disediakan oleh Microsoft. ASP bekerja pada web server dan merupakan server side scripting.

4. Bahasa Pemrograman XML
Extensible Markup Language (XML) adalah bahasa markup serbaguna yang direkomendasikan W3C untuk mendeskripsikan berbagai macam data. XML menggunakan markup tags seperti halnya HTML namun penggunaannya tidak terbatas pada tampilan halaman web saja. XML merupakan suatu metode dalam membuat penanda/markup pada sebuah dokumen.

5. Bahasa Pemrograman WML
WML adalah kepanjangan dari Wireless Markup Language, yaitu bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi berbasis XML (eXtensible Markup Langauge). WML ini adalah bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi wireless. WML merupakan analogi dari HTML yang berjalan pada protocol nirkabel.

6. Bahasa Pemrograman PERL
Perl adalah bahasa pemrograman untuk mesin dengan sistem operasi Unix (SunOS, Linux, BSD, HP-UX), juga tersedia untuk sistem operasi seperti DOS, Windows, PowerPC, BeOS, VMS, EBCDIC, dan PocketPC. PERL merupakan bahasa pemograman yang mirip bahasa pemograman C.

7. Bahasa Pemrograman CFM
Cfm dibuat menggunakan tag ColdFusion dengan software Adobe ColdFusion / BlueDragon / Coldfusion Studio. Syntax coldfusion berbasis html.

8. Bahasa Pemrograman Javascript
Javascript adalah bahasa scripting yang handal yang berjalan pada sisi client.JavaScript merupakan sebuah bahasa scripting yang dikembangkan oleh Netscape. Untuk menjalankan script yang ditulis dengan JavaScript kita membutuhkan JavaScript-enabled browser yaitu browser yang mampu menjalankan JavaScript.

9. Bahasa Pemrograman CSS
Cascading Style Sheets (CSS) adalah suatu bahasa stylesheet yang digunakan untuk mengatur tampilan suatu dokumen yang ditulis dalam bahasa markup. Penggunaan yang paling umum dari CSS adalah untuk memformat halaman web yang ditulis dengan HTML dan XHTML. Walaupun demikian, bahasanya sendiri dapat dipergunakan untuk semua jenis dokumen XML termasuk SVG dan XUL. Spesifikasi CSS diatur oleh World Wide Web Consortium (W3C).

Bahasa Pemrograman Generasi I

Bahasa pemrograman generasi pertama berorientasi pada mesin. Program disusun dengan menggunakan bahasa mesin. Tentu saja program generasi ini sangat sulit untuk dipahami oleh orang awam dan sangat membosankan bagi pemrogram. Pemrogram harus benar-benar menguasai operasi komputer secara teknis. Namun bahasa generasi ini memberikan eksekusi program yang sangat cepat. Selain itu, bahasa mesin sangat bergantung pada mesin (machine dependent), artinya, bahasa mesin antara satu mesin dengan mesin lainnya akan berbeda.

Bahasa Pemrograman Generasi II

Bahasa pemrograman generasi kedua menggunakan bahasa rakitan (assembly). Sebagai pengganti kode-kode biner, digunakanlah kependekan dari kata-kata. Misalkan “MOV” untuk menyatakan “MOVE” dan JNZ yang berarti “jump non-zero”. Setiap instruksi dalam bahasa rakitan sebenarnya identik dengan satu instruksi dalam bahasa mesin. Bahasa ini sedikit lebih mudah dipahami daripada bahasa mesin. Bahasa ini sedikit lebih mudah dipahami daripada bahasa mesin mengingat perintah dalam bentuk kata-kata yang dipendekkan lebih mudah daripada mengingat deretan angka biner.

Berikut adalah contoh instruksi yang ditulis dalam bahasa rakitan akan menjadi seperti berikut:

Tampak bahwa penggunaan notasi seperti MOV AH, 02 jauh lebih mudah diingat atau dipahami daripada penulisan instruksi dalam bahasa mesin: B402 atau 1011 0100 0000 0010.

Bahasa Pemrograman Generasi III

Bahasa pemrograman generasi ketiga menggunakan pendekatan prosedural. Sebagai bahasa prosedural, pemrogram perlu menuliskan instruksi-instruksi yang rinci agar komputer melaksanakan tugasnya. Program ditulis dengan menggunakan kata-kata yang biasa dipakai manusia, seperti WRITE untuk menampilkan sesuatu di layar dan READ untuk membaca data dari keyboard.

Bahasa generasi ketiga seringkali disebut sebagai high level language disebabkan bahasa ini menggunakan kata-kata yang biasa digunakan manusia. Beberapa contoh bahasa pemrograman yang masuk dalam kategori generasi ketiga yaitu ADA, ALGOL, C, BASIC, COBOL, FORTRAN, dan PASCAL.
Bahasa Pemrograman Generasi IV

Bahasa pemrograman generasi keempat dirancang untuk mengurangi waktu pemrograman dalam membuat program sehingga diharapkan produktifitas pemrogram jadi meningkat dan program dapat dibuat dalam waktu yang lebih singkat. Alhasil, bahasa pemrograman generasi keempat yang dikenal dengan sebutan 4GL dapat dipakai oleh pemakai yang kurang mengetahui hal-hal teknis tentang pemrograman tanpa bantuan pemrogram profesional. Sebagai contoh pemrogram dapat membuat program dengan Microsoft Access di lingkungan PC dengan mudah.

Bahasa pemrograman generasi keempat biasa disebut sebagai high level language atau bahasa berorientasi pada masalah (problem oriented language) karena memungkinkan pemakai menyelesaikan masalah dengan sedikit penulisan kode dibandingkan pada bahasa prosedural. Bahasa pemrograman generasi keempat menggunakan pendekatan non-prosedural. Untuk mendapatkan suatu hasil, seorang pemakai tidak perlu memberitahukan secara detail tentang bagaimana mendapatkannya. Gambar di bawah ini memberikan contoh yang menunjukkan perbedaan bahasa prosedural dan non-prosedural dalam memperoleh data tentang seorang mahasiswa.

Bahasa Pemrograman Generasi V

Bahasa pemrograman generasi kelima merupakan kelompok bahasa-bahasa pemrograman yang ditujukan untuk menangani kecerdasan buatan (artificial intelligence). Kecerdasan buatan adalah disiplin dalam ilmu komputer yang mempelajari cara komputer meniru kecerdasan manusia. Berbagai aplikasi kecerdasan manusia adalah sebagai berikut:

* Pemrosesan bahasa alami (natural language processing), yakni mengatur komputer agar bisa berkomunikasi dengan manusia melalui bahasa manusia (Indonesia, Inggris, Spanyol, Prancis, dan sebagainya).
* Pengedalian robotika dan sensor mata.
* Aplikasi sistem pakar (expert system) yang meniru seorang pakar di bidang tertentu sehingga bisa menghasilkan nasehat atau pemikiran yang setara dengan seorang pakar.

Program aplikasi

Published Maret 7, 2012 by onitadesmiyarti

Perangkat lunak yang siap digunakan untuk keperluan tertentu. Perangkat lunak aplikasi merupakan bagian perangkat lunak yang sangat banyak di jumpai dan terus berkembang. Sebelum tahun 1990-an aplikasi yang di kenal yaitu pemroses kata (Word Star, Chi Write), pemroses tabel (Lotus 123, Quatro Pro), database (DBASE), dan hiburan (game). Pada perkembangan pemroses kata, tabel dan database saat ini telah di bundel menjadi aplikasi office dengan tambahan aplikasi untuk pembuatan presentasi.
Perangkat lunak aplikasi ini terbagi atas beberapa kelompok, yaitu:
1. Office Application,
2. Multimedia Application,
3. Internet Application.

1. Software pengolah kata ( Processor )

Definisi Software Pengolah KataSoftware Word Processor (selanjutnya disebut pengolah kata) adalah suatu program pengolah dokumen berisi teks dan gambar yang memiliki banyak keistimewaan dan sangat profesional dibanding dengan program teks yang sudah ada. Dalam sistem operasi berbasis teks seperti DOS kita bisa memanfaatkan perintah copy con untuk membuat file teks, walaupun sifatnya sangat-sangat terbatas. Sedangkan dalam sistem operasi GUI seperti Windows sebenarnya sudah ada notepad maupun Wordpad yang kemampuannya dalam mengolah kata sudah cukup baik. Namun karena tuntutan terhadap kebutuhan untuk bekerja dengan teks dan obyek-obyek lain yang semakin kompleks akhirnya harus dipergunakan software yang benar-benar bisa memenuhinya. Saat ini sudah terdapat banyak sekali software pengolah kata yang bisa mengerjakan bermacam tugas yang sangat kompleks. Contoh-contohnya adalah Wordstar, ChiWriter, WordPerfect, MS Work, Microsoft Word, KWriter dan AmiPro. Ciri khas software pengolah kata secara umum adalah mengolah mulai dari karakter, kata, kalimat, yang akhirnya membentuk suatu paragraf, sekumpulan paragraf membentuk satu halaman, dan kumpulan halaman membentuk sebuah naskah yang dalam hal ini disebut sebagai file atau dokumen.Kemampuan utama software pengolah kata meliputi penulisan, pembentukan (formatting) penambahan, penghapusan, penyimpanan dan pencetakan.

Contoh-contohnya adalah sebagai berikut :
 Microsoft Word,
 Wordstar,
 WordPerfect,
 OpenOffice Writer.

2. Software pengolah lembar kerja (spreadsheet) :
Contoh-contohnya adalah sebagai berikut :
 Microsoft Excel,
 Lotus 123,
 OpenOffice Calc,
 Quattro Pro

3. Software presentasi :
Contoh-contohnya adalah sebagai berikut :
 Microsoft PowerPoint,
 Presentation,
 Impress,
 Macromedia Flash.

4. Software pengolah publikasi :
Contoh-contohnya adalah sebagai berikut :
 Microsoft Publisher

5. Software pengolah halaman web :
Contoh-contohnya adalah sebagai berikut :
 Microsoft FrontPage

6. Software pengolah database :
Software pengolah database. Software buatan Ashton Tate. Dengan dbase, pengguna dapat membangun, mengakses, mengolah dan membuat laporan dari file-file buatannya sendiri.

Representasi kumpulan fakta yang saling berhubungan disimpan secara bersama sedemikian rupa dan tanpa pengulangan (redudansi)yang tidak perlu, untuk memenuhi berbagai kebutuhan.

Data perlu disimpan dalam basis data untuk keperluan penyediaan informasi lebih lanjut. Data di dalam basis data perlu diorganisasikan sedemikian rupa, supaya informasi yang dihasilkan berkualitas. Organisasi basis data yang baik juga berguna untuk efisiensi kapasitas penyimpanannya.

Dalam maksud yang sama, bisa juga diartikan sebagai sekumpulan informasi yang disusun sedemikian rupa untuk dapat diakses oleh sebuah software tertentu. Database tersusun atas bagian yang disebut field dan record yang tersimpan dalam sebuah file. Sebuah field merupakan kesatuan terkecil dari informasi dalam sebuah database. Sekumpulan field yang saling berkaitan akan membentuk record.

Contoh-contohnya adalah sebagai berikut :
 Microsoft Access,
 Base,
 SQL Server

7. Software Internet Browser :
Dikenal juga dengan istilah browser, atau peselancar, atau internet browser. Adalah suatu program komputer yang menyediakan fasilitas untuk membaca halaman web di suatu komputer. Dua program web browser yang cukup populer saat ini adalah Microsoft Internet Explorer dan Netscape Navigator. Program browser pertama adalah Mosaic, yang merupakan suatu text browser, yang sekarang web browser telah berkembang ke dalam bentuk multimedia.

Contoh-contohnya adalah sebagai berikut :
 Internet Explorer,
 Mozilla Firefox,
 Opera,
 Safari,
 Google Chrome,

8. Software desain grafis :
Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan teks dan atau gambar page layout. Desain grafis untuk menyampaikan informasi atau pesan. Seni desain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan termasuk tipografi, pengolahan gambar, dan menata tampilan huruf dan ruang komposisi untuk menciptakan sebuah rancangan yang efektif dan komunikatif. Jasa desain grafis melingkupi segala bidang yang membutuhkan penerjemahan bahasa verbal menjadi perancangan secara visual terhadap teks dan gambar pada berbagai media publikasi guna menyampaikan pesan-pesan kepada komunikan seefektif mungkin.

Desain grafis diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art. Seperti jenis komunikasi lainnya, desain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan (mendesain) atau pun produk yang dihasilkan (desain/rancangan). Jasa desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti design kartu nama , buku, majalah, desain brosur, pembuatan company profile, dan desain produk. Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik – yang sering kali disebut sebagai “desain interaktif” (interactive design), atau “desain multimedia” (multimedia design’). Untuk membuat desain grafis sendiri membutuhkan software-software pembuat grafis, seperti Adobe Photoshop CS dan Corel Draw, maka kami akan membahas lebih lanjut tentang kedua software tersebut.

Contoh-contohnya adalah sebagai berikut :
 Adobe Photoshop,
 Corel Draw,
 ACDSee,
 Paint,
 Photopaint.

9. Software desain animasi:
Contoh-contohnya adalah sebagai berikut :
 Macromedia (Adobe) Flash

10. Software antivirus :
Yang dimaksud dengan perangkat lunak atau software antivirus adalah sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mendeteksi virus yang ada pada komputer lalu kemudian menghapus virus yang ada pada sistem komputer
Contoh-contohnya adalah sebagai berikut :
 Norton Internet Security,
 AVG Free,
 Kaspersky,
 PCMAV,
 Norton 360,
 Nod32,
 Norton AntiVirus,
 Avira,
 McAfee.

11. Software extractor / pengolah archive :

Contoh-contohnya adalah sebagai berikut :
 WinZip,
 WinRAR,
 KGB Archiver,
 WinACE.

12. Software Video Editing :
Contoh-contohnya adlah sebagai berikut :
 Pinnacle Studio Plus,
 Ulead Movie Studio,
 Adobe After Effect,
 Adobe Premiere.

13. Software Programming :
Contoh-contohnya adalah sebagai berikut :
 Microsoft Visual Basic,
 Microsoft Visual FoxPro,
 FileMaker Pro,
 Turbo Pascal,
 Delphi.

14. Software burning CD / DVD :
Contoh-contohnya adalah sebagai berikut :
 Nero Burning ROM / Nero StartSmart,
 WinISO,
 Daemon Tools,
 UltraISO,
 CloneCD. CloneDVD,
 Alcohol 120%.

15. Software Download Manager :
Contoh-contohnya adalah sebagai berikut :
 Download Accelerator Plus (DAP),
 Internet Download Manager (IDM),
 Free Download Manager (FDM),
 FlashGet, Kazaa Download Accelerator.

16. Software pengolah e-mail:
Contoh-contohnya adalah sebagai berikut :
 Microsoft Outlook,
 Outlook Express

17. Software music / video player:
Contoh-contohnya adalah sebagai berikut :
 Windows Media Player,
 iTunes,
 Real Player,
 Winamp

18. Software pengolah / pembaca PDF:
Contoh-contohnya adalah sebagai berikut :
 Photoshop (bisa untuk edit PDF),
 Adobe Reader,
 PDF Creator.

19. Software game:
Warcraft III, Platypus, Feeding Frenzy 2, dan isilah sesuai keinginanmu.

20. Software pengaturan tampilan:
Contoh-contohnya adalah sebagai berikut :
Vista Transformation Pack,
 WinFlip,
 ViStart,
 Bricopack Vista Inspirat,
 DesktopX.

21. Software Messenger:
Contoh-contohnya adalah sebagai berikut :
 Windows Messenger,
 Yahoo! Messenger

Bahasa Tingkat Tinggi
Mengetahui fasilitas-fasilitas bahasa tingkat tinggi maupun fasilitas tertentu dari suatu contoh representatif bahasa tingkat tinggi yang digunakan saat ini
Dikembangkan untuk mengatasi kelemahan / keterbatasan bahasa tingkat rendah (BTR), yaitu:

Proses asembly-nya berbasis ONE-for-ONE (satu instruksi dalam BTR = satu instruksi dalam bahasa mesin) sehingga penulisan program memakan waktu yang cukup lama bagi programmer
bersifat machine oriented, yaitu sesuai atau sama dengan set instruksi mesin tempat ia digunakan, sehingga terbatasi penggunaannya pada mesin itu
Dirancang untuk bersifat :
machine independent, artinya tidak tergantung pada mesin yang digunakan sehingga bisa dijalankan pada mesin yang berbeda dan program bisa ditulis dalam bahasa yang portabel.
Problem oriented language (POL), yaitu ia merefleksikan jenis masalah yang dipecahkan, bukannya fasilitas dari mesin itu.
Yang pertama kali dikeluarkan adalah FORTRAN (Formula Translation) pada tahun 1957
Portabilitas bahasa tingkat tinggi memiliki kelebihan/keuntungan :
Pemakai program dapat beralih ke komputer yang lebih baru tanpa perlu menulis ulang program
Para pemakai komputer yang berbeda akan bisa membagi (menggunakan bersama) dan menukarkan program-program
Software house dapat menjual program yang sama kepada para pemakai komputer yang berbeda tanpa perlu menulis ulang program untuk setiap jenis komputer

Fasilitas Umum Bhs. Tk. Tinggi

Mempunyai kosa kata, simbol, dan kalimat yang ekstensif
Satu statement dalam bahasa tingkat tinggi diterjemahkan ke dalam banyak (instruksi mesin)
Library macro dan subroutine dapat digabungkan
Machine independent
Set rule (aturan) harus dipenuhi ketika menulis program sumber
Instruksi dalam bahasa tingkat tinggi biasanya disebut statement

Jenis Bahasa Tingkat Tinggi

 Bahasa komersial
 Bahasa ilmiah
 Bahasa penggunaan khusus (special purpose)
 Bahasa perintah untuk sistem pengoperasian
 Bahasa multi-guna (general purpose)

Bahasa Komersial
Yang paling terkenal adalah COBOL (Common Business Oriented Language)
Dibuat oleh CODASYL (Committee on Data Systems Languages) pada tahun 1959
Lainnya adalah :
 BASIC
 UCSD
 Pascal

Fasilitas COBOL
Fasilitas penganganan file yang ekstensif, seperti penamaan, pergerakan/perpindahan, dan pemrosesan file, field-field record, dsb.
Mempunyai kemiripan yang dekat dengan Bahasa Inggris dalam hal penggabungan istilah Bahasa Inggris umum dalam bentuk seperti kalimat dan menghindari notasi matematika.
Cocok atau sesuai dengan layout penstrukturan dan penanganan output tertabulasi, laporan, bentuk-bentuk khusus, dsb.

Setiap program COBOL terdiri dari empat divisi :
Identification Division, berisi judul program, tanggal pembuatan dan nama penulisnya
Environment Division, menetapkan konfigurasi hardware tertentu tempat akan disusun dan dieksekusinya object program, misalnya model mesin, ukuran penyimpanan internal yang diperlukan, unit peripheral, dsb.
Data Division, identifikasi dari semua item data yang akan digunakan dalam penulisan program
Procedure Division, berisi instruksi program yang diperlukan untuk memecahkan masalah

Macam-macam Interface :
 interface Global
 Interface Wikipedia, the free encyclopedia
 Interface ( computer science ) – Wikipedia,the free encyclopedia
 Graphics Interface Home Page
 Benefits Interface ( Candian Employee Benefits Informatiaon )
 Interface Technologies – blank
 Introduction to The Common Gateway Interface

sistem operasi untuk Handphone

Published Maret 7, 2012 by onitadesmiyarti

Seperti komputer HP juga mempunyai sistem operasi. sistem operasi hpadalah software utama yang melakukan menejemen dan kontrol terhadap hardwaresecara langsung serta menejemen dan mengotrol software-soft ware lain sehingga software-software lain tersebut dapat bekerja. Sehingga suatu system operasi ponsel (mobile operating system) akan bertanggung jawab dalam mengoperasikan berbagai fungsi dan fitur yang tersedia dalam perangkat ponsel tersebut seperti, skedulling task, keyboard, WAP, email, text message, sinkronisasi dengan aplikasi dan perangkat lain, memutar musik, camera, dan mengontrol fitur-fitur lainnya.

Banyak perusahaan ponsel yang membenamkan system operasi dalam produknya baik pada PDA, Smartphone maupun handphone. Perkembangan aplikasi atau game selular (mobile content)sangat cepat, perusahaan pembuat mobile Operating System (OS) telah berlomba untuk memasarkan produk-produk mereka dengan menciptakan fungsi-fungsi dan teknologi yang kian hari kian memanjakan pengguna smartphone (selular yang ber-OS) dari segi entertainment dan fungsionalitas penggunaan selular untuk memudahkan tugas sehari-hari.
Selain berfungsi untuk mengkontrol sumber daya hardware dan software ponsel seperti keypad, layar, phonebook, baterai, dan koneksi ke jaringan, sistem operasi juga mengontrol agar semua aplikasi bisa berjalan stabil dan konsisten. Sistem operasi harus dirancang fleksibel sehingga para software developer lebih mudah menciptakan aplikasi-aplikasi baru yang canggih. Keunggulan lain dari ponsel yang ber-OS adalah memiliki kebebeasan lebih untuk men-download berbagai aplikasi tambahan yang tidak disediakan oleh vendor ponsel
Sistem operasi ponsel / operating system mobiletersebut

Macam - macam sistem operasi handphone Lengkap

diantaranya adalah

• Sistem operasi Symbian

• Windows Mobile

• Sistem operasi Palm

• Mobile Linux

• Sistem operasi Blackberry

Sistem operasi Symbian
Sistem operasi Symbian adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Symbian Ltd. yang dirancang untuk digunakan peralatan bergerak mobile).Symbian merupakan perusahaan independen hasil kolaborasi vendor-vendor raksasa pada masa itu yakni Ericsson, Nokia, Motorola, dan Psion. Nokia sebagai pemegang saham terbesar dengan angka 47,9 persen. Banyak dari produk nokia ber-OS Symbian (termasuk ponsel saya, NOKIA 6120 Classic, OS Symbian S60 v9.0 3rd edition). Symbian dipandang lebih unggul karena:

1. Sistem operasi ini sejak awal dirancang khusus untuk ponsel. Berbeda dengan Microsoft dan Linux yang diadopsi dari komputer.

2. Berkat fitur CC+, Java (J2ME) MIDP 2.0, PersonalJava 1.1.1a, dan WAP, Sistem operasi symbian ini sangat terbuka sehingga siapapun bisa mengembangkannya. terbukti banyak beredar aplikasi-aplikasi tambahan untuk OS berbasis Symbian atau platform Java.

3. Symbian menyediakan suatu user interface (UI) framework yang fleksibel, sehingga supaya para vendor bisa menvariasikan produk-produknya. Ada empat jenis UI yang beredar saat ini yaitu: Series 60 (misalnya Nokia N70, N91, Siemens SX1, Samsung D700, D710, Panasonic X700, X800); Series 80 (Nokia N9210, 9210i, 9300); Series 90 (Nokia 7700 dan 7710); UIQ (Sony Ericsson P800, P900, P910, Motorola A920, A925, A1000, A1010). Symbian MOAP (Mobile Oriented Applications Platform), contohnya adalah Mitsubishi D800iDS yang memiliki dual screen yang pengoperasiannya mirip dengan Nintendo DS yaitu 2 screen dan hanya screen bagian bawah yang memiliki fungsi touch screen.

Symbian telah mengeluarkan Operating System untuk smartphone terbaru nya yaitu versi 9.3, Symbian menyatakan bahwa versi 9.3 ini akan lebih mempercepat, mempermurah dan mempermudah para vendor handphone dan para operator untuk mendapatkan servis dan fasilitas terbaik seperti mendukung WiFi, Firmware update secara online (FOTA), dukungan HSDPA, VoIP melalui IPSec, dukungan secara native untuk Push To Talk, dukungan Java JSR 248, Platform sekuriti yang lebih stabil dan lebih baik untuk memproteksi dari virus dan spam, dukungan untuk fasilitas graphic 3D yang lebih baik (vector floating point).
Windows Mobile
Adalah sistem operasi seluler yang ditawarkan oleh Microsoft. Sistem operasi Windows Mobile dimulai dari

• Pocket PC 2000

• Pocket PC 2002

• Windows Mobile 2003. Memiliki 4 edisi, yaitu : Windows Mobile 2003 for Pocket PC Premium Edition, Windows Mobile 2003 for Pocket PC Professional Edition, Windows Mobile 2003 for Smartphone, dan Windows Mobile 2003 for Pocket PC Phone Edition

• Windows Mobile 2003 Second Edition (Windows Mobile 2003 SE)

• Windows Mobile 5

• Windows Mobile 6, memiliki 3 versi, yaitu : Windows Mobile 6 Standard for Smartphone (phone without touchscreen), Windows Mobile 6 Professional for Pocket PC with phone functionality, dan Windows Mobile 6 Classic for Pocket PCs without cellular radio. Contoh: Eten Glofiish X650 menggunakan Windows Mobile 6.0 Profesional

Versi terbaru yang sedang dikembangkan Microsoft adalah Photon, yang didasarkan pada Windows Embedded CE 6.0 dan diharapkan dapat mengintegrasikan versi smartphone dan Pocket PC. Contoh perangkat yang ber-OS Windows Mobile seperti Audiovox SMT 5600, iMate SP3i, Samsung SCH-i600, Mio 8390, Sagem myS-7, Orange SPV C500, HP iPAQ rw6100, Motorola MPx220, O2 Xphone, dan O2 Xphone II. PDA adalah Acer n30, ASUS My Pal A716, HP iPAQ h5555, dan Mio 558.
Keunggulan yang ditawarkan seperti

1. Sebagian besar teknologi IT (information technology) yang dipakai berbasis Windows, kecocokan dalam hal platform serta ekstensi yang mudah dengan software komputer dipandang bahwa Microsoft dianggap lebih ideal dibandingkan Symbian atau Linux.

2. Windows Mobile menawarkan berbagai fitur unggulan seperti Mobile Blog, GPS, menonton televisi, serta Mobile Database.

Kelemahannyan adalah Windows Mobile bersifat tertutup sehingga sulit bagi software developer independen untuk menciptakan aplikasi-aplikasi baru.

Mobile Linux
Ponsel Linux pertama diluncurkan oleh Motorola pada bulan Februari 2003. Motorola seri A760 yang dirilis pertama kali di Cina ini menggunakan OS kombinasi dari kernel Linux yang didistribusikan oleh software Silicon Valley-based Monta Vista dan software lainnya dari bahasa pemrograman Java Sun Microsystems. Sistem operasi berbasis Linux yang dikembangkan oleh Google adalah Android. Platform software berbasis Linux diantaranya adalah MOTOMAGX dan Qtopia. MOTOMAGX merupakan platform Linux mobile dari Motorola. Produk pertama yang didasarkan pada platform ini adalah ponsel MOTOROKR Z6 dan MOTORAZR2 V8. Qtopia Phone Edition merupakan platform software dan antarmuka untuk Linux, yang dikembangkan oleh perusahaan Trolltech. Qtopia Greenphone, merupakan perangkat pengembangan Linux mobile yang ditujukan untuk berbagai aplikasi baru.
Kelemahannya adalah aplikasi tambahan yang belum banyak beredar, serta Linux dibangun untuk mengoprasikan sistem dengan tenaga besar, sehingga manajemen sumber daya baterai masih kalah efektif dibandingkan OS lainnya.
Kelebihannya adalah Linux sebagai OS yang ideal bagi ponsel karena dukungan oleh perusahaan-perusahaan besar seperti IBM, Oracle, dan Intel. Selain itu, sistem ini nilai lebih fleksibel dan menawarkan memori yang lebih kecil serta bisa lebih dihemat.
Contoh ponsel ber-Linux OS: Haier N60, Motorola A760, E895, NEC N900iL, dan Samsung SCH-i519. Produk-produk PDA seperti Sharp SL-C3000, Sharp Zaurus SL-C1000, Compaq iPAQ, IBM e-LAP reference design, dan Nokia 770 Internet Tablet.
Sistem operasi BlackBerry
Perusahan telekomunikasi asal Canada, Reserch in Motion (RIM), mengembangkan perangkat komunikasi bergerak. Awalnya produk mereka adalah memproduksi dan layanan penyeranta (Pager) dua arah, namun dalam
perkembangannya perusahaan ini membuat terobosan baru dengan menciptakan pearangkat Blackberry yang terkenal dengan layanan push-email, dan sekarang blackberry berubah menjadi smartphone yang memiliki berbagai fungsi seperti, GPS, internet mobile, serta dapat mengakses Wi-FI. RIM sebagai developer untuk sistem operasi blackberry telah mengeluarkan sistem operasi baru dengan salah satu aplikasi yang tertanam didalamnya adalah Document to Go versi trial buatan DataViz, suatu aplikasi yang memiliki fungsi officeseperti Word to Go, Presenter to Go yang otomatis memiliki Sheet to Go sebagai aplikasi Spreadsheet.
System operasi Palm
Contoh peproduk yang menanamkan sistem operasi Palm adalah Palm Treo 680 Smartphone ini menggunakan system operasi Palm, yaitu Palm OS 5.4.9 dengan prosesor Intel PXA270, 312MHz. Beberapa fitur yang ditawarkan adalah Pocket Express, Microsoft Media Player, Palm files, PDF viewer, Adobe Acrobat reader, eReader, Pocket Tunes, dan Document To Go.
Sedangkan handphone yang saya gunakan adalah NOKIA 6120 Classic. Setahun saya menggunakan handphone ini dan saya cukup puas menikmati beberapa fitur yang disuguhkan. Nokia 6120 Classic ini merupakan ponsel yang disokong OS Symbian S60 v9.0 3rd edition.
Walaupun tidak jauh beda dari handphone-handphone symbian 3rd lainnya, halaman muka dari handphone ini mempertontonkan deretan menu shortcut yang menyerupai menu today pada PDA, system yang bekerja pada handphone ini mampu berakselerasi dengan baik meski clockspeed prosesor sekelas ARM 11 yang digunakan hanya berkisar 369 samapi 376 MHz, hal ini terbukti saya tidak mengalami hambatan saat membuka berbagai aplikasi dalam satu waktu yang sama.

Sebagai handphone berbasis Symbian 3rd edition handphone yang saya gunakan ini telah ditanamkan software untuk kepentingan Office yaitu Quick Office(maaf, belum saya maksimalkan penggunaannya) dan Adobe PDF. Dengan OS symbian ini saya lebih bebas memanamkan aplikasi lainnya seperti eBuddy (untuk Messenger), MP3 Dictaphone (untuk mendengarkan music .mp3), Thema DIY (untuk membuat Thema dengan kreasi sendiri), beberapa aplikasi Java lainnya seperti PD Dictionary, English Mini Alkitab Go Bibile, NIV Go Bibile, KJV Go Bible, dan Opera Mini 4.Mungkin dimasa depan juga akan muncul sistem operasi bagi ponsel yang jauh lebih canggih

Sumber :

http://belajar-komputer-mu.com/pengertian-sistem-operasi-komputer-operating-system/

sistem operasi untuk PC TABLET IPAD

Published Maret 7, 2012 by onitadesmiyarti

Sistem Operasi untuk Tablet PC

Terdapat empat sistem operasi pada tablet PC diantaranya adalah:

Android OS

Sistem operasi yang sedang naik daun ini adalah yang paling banyak dipilih oleh produsen tablet PC saat ini. Kelebihan sistem operasi ini adalah kostumisasi  Anda dapat sesuka hati mengatur user interface (UI) yang Anda inginkan, terutama pada menu home. Anda juga dapat menambahkan widget berupa informasi cuaca, agenda, task manager, indikator baterai, hingga shortcut untuk social media seperti Facebook. Tanpa kostumisasi pun, UI yang ada pada Android sudah terlihat menarik dan mudah digunakan. Untuk Anda yang memang hobi “mengutak-atik”, Anda dapat melakukan rooting untuk mendapatkan akses tak terbatas dalam hal kostumisasi. Beberapa hal yang dapat dilakukan setelah melakukan root antara lain menginstall aplikasi pada media storage hingga mengoverclock prosesor dan device yang digunakan.

Banyak pilihan aplikasi yang sangat beragam juga menjadi kelebihan Android. Bahkan sebagian besar aplikasi tersebut dapat didownload secara cuma-cuma.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

iOS

Sama seperti Android, iOS banyak digemari karena  UI yang dimilikinya, iOS terakhir (iOS4) bahkan sudah dapat dikostumisasi walaupun tidak sekompleks Android. Device tablet yang menggunakan iOS hanya iPad dan iPad 2 karena sistem operasi ini merupakan OS yang “ekslusif”. Hal ini berdampak positif pada performa yang sangat optimal ketika digunakan. Saat menjelajahi menu didalamnya digunakan. Saat menjelajahi menu didalamnya, pergeseran antar menu terasa sangat smooth tanpa adanya lag.

Apple menyediakan market bagi para pengguna iPad yang bernama App Store yang berisi bermacam aplikasi. Selain aplikasi yang masuk dalam karegori media, utility, dan entertainment, iOS juga memiliki ratusan game yang memiliki kualitas grafis yang menawan. Hal ini menjadi kelebihan dan keunggulan dari tablet besutan Apple ini.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Blackberry Tablet OS

Penampilannya sekilas mirip dengan Blackberry OS pada smartphone. Perbedaannya ada pada user interface-nya. Blackberry Tablet OS mengandalkan sistem sentuh sepenuhnya untuk menjelajah menu di dalamnya. Sayangnya, jumlah aplikasi maupun game pada OS ini masih sangat terbatas, tidak seperti yang ada pada Blackberry OS versi smartphone. OS ini juga belum mendukung built-in Blackberry Messenger yang selama ini justru menjadi andalannya.

 

 

 

 

 

 

 

 

Windows 7

Tampilan dan user interface yang ada pada windows 7 versi tablet sangat mirip dengan versi dekstopnya. Begitupun dengan beragam aplikasi yang diperuntukkan bagi sistem operasi ini, merupakan aplikasi yang sama dengan versi desktop. Untuk dapat mengoperasikan OS ini, tablet berbasis Windows 7 harus memiliki perangkat hardware kelas tinggi.

 

 

 

 

 

 

 

software sistem operasi komputer

Published Maret 7, 2012 by onitadesmiyarti

Pengertian Sistem operasi Komputer adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. Sistem Operasi dalam bahasa Inggrisnya disebut Operating System, atau biasa di singkat dengan OS.

Sistem Operasi komputer merupakan software pada lapisan pertama yang diletakkan pada memori komputer, (memori komputer dalam hal ini ada Hardisk, bukan memory ram) pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi Komputer berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan kernel suatu Sistem Operasi.

Sistem Operasi berfungsi sebagai penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. selain itu, Sistem Operasi komputer juga melakukan semua perintah perintah penting dalam komputer, serta menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda fungsinya dapat berjalan lancar secara bersamaan tanpa hambatan. Sistem Operasi Komputer menjamin aplikasi perangkat lunak lainnya bisa memakai memori, melakukan input serta output terhadap peralatan lain, dan mempunya akses kepada sistem file. Jika beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi Komputer akan mengatur jadwal yang tepat, sehingga sebisa mungkin semua proses pada komputer yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan CPU dan tidak saling mengganggu dengan perangkat yang lain.

 

Contoh-contoh dari Sistem operasi Komputer misalnya adalah Windows, Linux, MacOS, dan lain lain. Di bawah ini merupakan tampilan antarmuka sistem operasi Windows 7, Linux (ubuntu), dan Mac OS X

tampilan antar muka windows 7

Pengertian Sistem Operasi Komputer

tampilan antar muka linux Ubuntu

tampilan antar muka sistem operasi ubuntu

 

Tampilan antar muka sistem operasi Mac OS X

tampilan antar muka sistem operasi mac os x

Sumber :http://onitadesmiyarti.wordpress.com/category/software/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: